Vol. 1 No. 1 (2022): APRIL
Open Access
Peer Reviewed

Pelatihan Pemasaran Bibit Berbasis E-Commerce sebagai Upaya Lanjutan dalam Pengembangan Sentra Durian di Desa Kemuning Lor

Authors

DOI:

10.25047/agrimas.v1i1.1
Received: 21 Apr 2022
Accepted: 15 Jul 2022
Published: 29 Apr 2022

Abstract

Durian (Durio zibethinus Murr.) merupakan komoditas unggulan hortikultura Indonesia. Produksi durian secara nasional masih didominasi oleh wilayah di daerah Pulau Jawa dengan Jawa Timur sebagai pemasok utama. Jember sebagai kabupaten terluas di Jawa Timur urutan ke tiga setelah Banyuwangi dan Malang masih belum mampu menjadi produsen durian karena produktivitasnya yang rendah. Produksi durian di Kabupaten Jember mengalami penurunan pada tahun 2019 dibandingkan tahun 2018. Upaya untuk menjadikan Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa sebagai sentra durian adalah dengan mengoptimalkan pemanfaatan peluang pasar durian yang bermutu pemasaran seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Salah satu teknologi informasi yang menjadi kebutuhan mendasar dalam pemasaran atau perdagangan adalah e-commerce. Melalui kegiatan ini, petani mitra dilatih menggunakan aplikasi pemasaran e-commerce yang lebih mudah dan aplikatif seperti iklan di google, facebook, shopee dan tokopedia. Hal ini karena pemanfaatan teknologi internet dapat memperluas jaringan usaha dan terciptanya komunikasi yang efektif dalam menyampaikan nilai ekonomi dari penjual kepada pembeli sehingga mampu meningkatkan perubahan dalam hal volume penjualan dan prefernsi konsumen. Namun demikian, perlu pendampingan berkelanjutan sehingga petani dapat memaksimalkan akun-akun e-commerce dalam mendukung kegiatan pemasaran produk/bibit durian.

Keywords:

Durian E-Commerce Pemasaran

References

Ardhiarisca, O., Wijayanti, R. R., & others. (2021). Penerapan E-Commerce pada Kelompok Tani Rukun Makmur di Masa Pandemi. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 345–349.

BPS. (2018). Statistik Tanaman Buah‐buahan dan Sayuran Tahunan Indonesia 2018.

BPS. (2020). Jumlah Tanaman Menghasilkan, Rata-rata Produksi dan Total Produksi Buah-buahan Menurut Jenis Buah di Kabupaten Jember 2020.

Haryanti, S. (2010). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 3(1).

Kannan, P. K., & Hongshuang, A. L. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45.

Oktaviana, D. N., Handayani, M., & Setiadi, A. (2018). Analisis Prospek Pengembangan Usahatani Durian (Durio Zibethinus Murray) di Kota Semarang. Mediagro, 13(2).

Author Biographies

Leli Kurniasari, Politeknik Negeri Jember

Sri Rahayu, Politeknik Negeri Jember

Refa Firgiyanto, Politeknik Negeri Jember

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Kurniasari, L., Rahayu, S., & Firgiyanto, R. (2022). Pelatihan Pemasaran Bibit Berbasis E-Commerce sebagai Upaya Lanjutan dalam Pengembangan Sentra Durian di Desa Kemuning Lor. Agrimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pertanian, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.25047/agrimas.v1i1.1

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.