Pemasaran E-Commerce Produk Inovasi Di Kelompok Tani Tirto Wangi Kabupaten Jember
DOI:
10.25047/agrimas.v2i1.29Downloads
Abstract
Kegiatan penyuluhan merupakan kegiatan yang rutin dilakukan di kalangan kelompok tani sebagai upaya dalam diseminasi ilmu pengetahuan kepada anggota kelompok tani. Kemajuan teknologi juga ikut membawa kemajuan bagi sektor pertanian termasuk kegiatan penyuluhan dengan memanfaatkan ICT (Information and Communication Technology) dalam berbagai kegiatan. Masa pandemic COVID 19 memaksa masyarakat dan seluruh sector baik komunikasi, perdangangan, Pendidikan, dan pelayanan jasa untuk ikut berlomba dengan teknologi karena seluruh kegiatan dilakukan dengan jarak jauh. Oleh karena itu kegiatan ini bertujuan melihat pengetahuan dan keterampilan penggunaan ICT dalam hal ini adalah e-commerce dan strategi pemasaran pada kelompok tani. Secara lebih spesifik kegiatan pengabdian dilakukan di Kelompok Tani Tirto Wangi Kabupaten Jember dengan metode penyuluhan dan demonstrasi secara langsung. Selain itu juga menggunakan questioner untuk melihat pengetahuan responden sebelum dan setelah dilakukan kegiatan. Anggota kelompok tani memiliki kemampuan dalam menghasilkan produk – produk inovasi sebagai factor input pertanian dengan bahan organic. Secara lebih lanjut, responden yang merupakan anggota kelompok tani tidak mengenali akan strategi pemasaran dan hanya menjual produk inovasi mereka secara langsung pada orang – orang sekitar dan kolega. Penetapan harga disesuaikan dengan biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi suatu barang, dan promosi dilakukan hanya sekedar mensosialisasikan jika ada yang menanyakan. Sebelum dilakukan penyuluhan, para responden mulai menyadari arti penting dari strategi pemasaran yang meliputi produk, place, price, promotion. Selain itu sebelum dilakukan demonstrasi penggunaan e-commerce, para responden tidak memahami cara mengoperasikan e-commerce sebagai pelaku usaha. Demostransi sangat memberikan manfaat bagi para responden dengan respon yang sangat baik dari para responden selama kegiatan.
Keywords:
kelompok tani strategi pemasaran E-CommerceReferences
R. Nugroho and E. Japarianto, “Pengaruh People, Physical evidence, Product, Promotion, Price dan Place terhadap TIngkat Kunjungan di Kafe Coffee Cozies Surabaya,” Manajemen Pemasaran Petra, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2013.
M. Dayat, “Strategi Pemasaran dan Optimalisasi Bauran Pemasaran dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan,” Mu’allim, vol. 1, no. 2, pp. 299–318, 2019.
M. Puspa Garini, M. Iqbal Fasa, and U. Islam Negeri Raden Intan Lampung, “PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN BISNIS MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI ERA COVID 19,” Bina Bangsa Ekonomika, vol. 15, no. 01, pp. 99–110, 2022, doi: 10.46306/jbbe.v15i1.
R. Rahmidani, “Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan,” Proceeding Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, pp. 344–352, 2015, [Online]. Available: http://www.apjii.or.id/v2/index.php/read/article/apjii-at-media/133/2012-pengguna-internet-di-indonesia-
E. A. Wibowo, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI E-COMMERCE DALAM PROSES BISNIS,” Equilibria, vol. 1, no. 1, pp. 95–108, 2014.
S. Hartiningsih and B. E. Rokhmah, “BAURAN PEMASARAN (4P+PHYSICAL EVIDENCE) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA LABORATORIUM KLINIK PRODIA SURAKARTA,” Media Ekonomi dan Manajemen, vol. 32, no. 1, pp. 28–34, 2017.
R. Thahery, “STIE Mahaputra Riau AMBITEK Implementasi Bauran Pemasaran Strategi 5P Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Toko Merdeka Stationary Di Pekanbaru,” Akuntasi Manajemen Bisnis dan Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 120–130, 2022.
D. Achjari, “POTENSI MANFAAT DAN PROBLEM DI E-COMMERCE,” 2000. [Online]. Available: http://www.amazon.com
Yulistia, “Analisis Pengaruh Efektivitas Dan Manfaat E-Commerce Terhadap Sikap Dan Perilaku Pengguna Dengan Menggunakan Metode TAM (Studi Kasus: UKM Kota Palembang),” Jatis, vol. 4, no. 1, pp. 93–100, 2017, [Online]. Available: http://www.getnetwise.org;
A. M. Rakanita, “PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI DESA KARANGSARI KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN DEMAK,” EKBIS, vol. 10, no. 2, pp. 1280–1289, 2019.
D. Riswandi, “Transaksi On-Line (E-Commerce): Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Econetica, vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2019.
License
Copyright (c) 2023 FANDYKA YUFRIZA ALI, Dian Galuh Pratita, Suwardi Suwardi, Hari Prasetyo, Eva Rosdiana, Suharjono Suharjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.
 
						 
  
  
 