Sosialisasi Pentingnya Literasi Digital Sebagai Upaya Pengembangan Minat dan Bakat MA Nurul Isti’dad di Kecamatan Silo Kabupaten Jember
DOI:
10.25047/agrimas.v4i1.58Downloads
Abstract
Literasi digital merupakan kemampuan individu dalam menerapkan keterampilan fungsional pada perangkat digital sehingga dapat menemukan dan memilih informasi, berfikir kritis, berkomunikasi secara efektif, berkreativitas, berkolaborasi dengan orang lain. Pentingnya program literasi digital memberikan dampak positif bagi pengetauan, pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan media, terutama media sosial yang saat ini sering dijadikan sebagai sumber informasi bagi individu maupun masyarakat umum terutama bagi kalangan yang berusia muda seperti para peserta didik karena pada program ini memberikan kontribusi pada penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi atau media sosial yang digunakan oleh kalangan usia muda. Dalam mengukur Tingkat literasi digital seseorang dalam hal ini peserta didik MA Nurul Isti’dad di Kecamatan Silo memilik 3 kompetensi yang harus dipenuhi yaitu kemampuan teknis, pemahaman kritis dan kemampuan berkomunikasi dan berpatisipasi. Oleh sebab itu literasi digital merupakan solusi yang dapat dilakukan oleh pemerintah dan elemen masyarakat yang peduli terhadap kemajuan bangsa di masa sekarang.
Keywords:
literasi digital minat bakat madrasah aliyahReferences
[1] D.Bawden. Information And Digital Literacies : A Rivew Of Concepts . Journal Of Documentation, (2001). h.218
[2] Dimensy.id. 30 Juni 2023. Mengapa Literasi Digital Adalah Keterampilan Wajib di Era Digital. Diakses pada 17 November 2023, dari https://dimensy.id/article/mengapa-literasi-digital-adalah-keterampilan-wajib-di-era-digital
[3] Elpira Bella,Pengaruh Penerapan Literasi Digital terhadap Peningkatan Pembelajaran. Skripsi, (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam- Banda Aceh, 2018).
[4] Gilster Paul. Dian Herlina S. Membangaun Kerakter Melalui Literasi Digital ,h.2
[5] Guruinovatif.id. 10 September 2023. Menghadapi Era Digital: Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital di Kalangan Siswa dan Guru. Diakses pada 17 November 2023, dari https://guruinovatif.id/artikel/menghadapi-era-digital-meningkatkan-kemampuan-literasi-digital-di-kalangan-siswa-dan-guru
[6] Helpfulprofessor.com. 07 September 2023. 25 Digital Literacy Examples. Diakses pada 17 November 2023, dari https://helpfulprofessor.com/digital-literacy-examples/
[7] http://pengabdian/dina-herlina swanto/membangun karakter bangsa melalui literasi.10:42, 09 januari 2019
[8] Khakim, S. R. (2017). Efektivitas Konseling Realita Prosedur WDEP Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Loceret. Jurnal FKIP - Bimbingan Konseling, 1(8), 1–7.
[9] Kumparan.com. 06 Juni 2022. Pentingnya Literasi Digital di Era Digital. Diakses pada 17 November 2023, dari https://kumparan.com/user-11052022163534/pentingnya-literasi-digital-di-era-digital-1y3VcgyxLYl
[10] Umsu.ac.id. 11 November 2023. Strategi Menghadapi Tantangan dan Mengembangkan Kreativitas di Era Digital. Diakses pada 17 November 2023, dari https://umsu.ac.id/berita/strategi-menghadapi-tantangan-dan-mengembangkan-kreativitas-di-era-digital/
[11] Pebby, A. (2021). Bimbingan Karir Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Santri Di Pondok Pesantren Al Hikmah Wayhalim Bandar Lampung (Bachelor Thesis, UIN Raden Intan Lampung).
[12] Pertanian.uma.ac.id. 13 September 2023. The Importance of Digital Literacy in the Era of Digitalization. Diakses pada 17 November 2023, dari https://pertanian.uma.ac.id/pentingnya-literasi-digital-dalam-era-digitalisasi/
[13] Qory Kurratun A‟yuni, Literasi Digital Di Kota Surabaya,”Jurnal,
[14] Sari, A. (2017). Hubungan Antara Motivasi Orang Tua Dengan Minat Anak Masuk Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Konseling Raden Intan, 549, 40–42.
[15] Staiku.ac.id. 16 Mei 2023. Meningkatkan Literasi Digital Untuk Menangani Tantangan Pendidikan di Era Digital. Diakses pada 17 November 2023, dari https://staiku.ac.id/meningkatkan-literasi-digital-untuk-menangani-tantangan-pendidikan-di-era-digital/
[16] Wahyuni, S. A., & Falah, N. (2015). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Program Pilihan Studi Keterampilan Peserta Didik MAN 1 Magelang. Jurnal Hisbah, 12(2), 21.
[17] Wintara, I. M. S. (2017). Pentingnya peran guru dalam pengembangan minat, bakat dan kreativitas siswa melalui ekstrakurikuler. ResearchGate, (March), 1–13. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/315110215
License
Copyright (c) 2025 Ponti Primastuti Aulia Nugraheni, Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi, Raden Roro Lia Chairina, Pascawati Savitri Universitasari, Ahmad Firdaus Mahbobi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.
 
						 
  
  
 